Rabu, 17 Februari 2016

Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi

Bagaimana Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi Dalam Waktu Singkat 


Jika anda bertanya mengenai bagaimana cara alami membuat pakan fermentasi ternak sapi dalam waktu singkat . ? Cara membuat pakan fermentasinya sangatlah mudah dan akan saya jelaskan langkah-langkah pembuatan nya dalam artikel ini , jadi pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai .

Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi
#Peternakan sapi
 Sebelum saya memberikan tips cara alami membuat pakan fermentasi ternak sapi , terlebih dahulu saya akan menjelaskan mengenai apa sih pakan fermentasi itu ? Pakan fermentasi merupakan pakan hewan ternak sapi dll , yang terbuat dari olahan limbah organik seperti jerami , gedebog pisang dll . Yang diberikan kepada hewan ternak setelah melalui tahap fermentasi . 

Adapun dalam melakuakn atau memberikan pakan fermentasi kepada hewan ternak anda (sapi) akan banyak sekali keunggulan yang bisa di dapatkan dari proses pemberian ini , yang mana beberapa keunggulan-keunggulan tersebut meliputi : 

  • Pakan dapat disimpan sesuai kebutuhan
  • Meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan ternak
  • Daging hewan terutama kambing rendah kolesterol dan tidak “prengus”
  • Kotoran hewan tidak menimbulkan bau/amoniak
  • Kotoran/limbah hewan berkualitas untuk dimanfaatkan menjadi pupuk
Perlu anda ketahui , beberapa peternakan sapi besar pada saat ini telah mengapliksikan atau memberikan pakan fermentasi kepada hewan ternaknya , dan terbukti kualitas dari hewan tersebut menjadi meningkat .
Lalu bagaimana cara membuatnya ?
Untuk cara pembuatan pakan fermentasi sangatlah mudah , di bawah ini akan saya paparkan mengenai cara alami membuat pakan fermentasi ternak sapi , ikuti langkah demi langkahnya dengan seksama dan benar : 

Bahan Yang Di Perlukan
Untuk membuat pakan fermentasi dibutuhkan beberapa bahan-bahan untuk pembuatan nya , bahan-bahan tersebut meliputi : 
Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi
#Gedebog pisang bahan pembuatan pakan fermentasi
  • Tempat fermentasi (bisa terpal , tong besar , bak , atau plastik besar) Para peternak biasanya menggunakan terpal untuk membuat pakan fermentasi , tapi bisa juga menggunakan tempat-tempat yang sudah saya sebutkan tadi
  • Bahan organik bisa jerami , gedebog pisang atau kolbis 
  • Dedak , Bekatul & Ampas tahu
  • Gula pasir
  • Garam
  • Suplemen probiotik ( saya sarankan untuk pemilihan suplemen probiotik anda menggunakan SOC - HCS , Karena penggunaan suplemen ini sangat berdampak bagus pada hewan ternak anda) Info mengenai SOC - HCS ada di bawah artikel..
 Langkah - Langkah Pembuatan
 Sebelum proses pembuatan pakan fermentasi dimulai alangkah lebih baiknya jika 15 menit sebelum pembuatan anda melarutkan dulu Suplemen probiotik SOC - HCS dengan Air & Gula Pasir . Setelah proses pelarutan ini selesai sekarang kita masuk kedalam langkah-langkah pembuatan pakan fermentasi : 
 
Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi
#Proses peletakan gedebog pisang pada terpal
  1. Siapkan terpal untuk tempat pembuatan pakan fermentasi 
  2. Letakan gedebog pisang atau jerami yang sudah dicacah diatas terpal
  3. Letakan pula bahan-bahan lain seperti dedak , bekatul , ampas tahu secara merata
  4. Selanjutnya berikan atau taburi bahan-bahan tadi dengan garam
  5. Setelah itu siram semua bahan tadi dengan larutan suplemen probiotik SOC - HCS yang telah dilarutkan dengan air dan gula pasir .
  6. Selanjutnya aduk semua bahan tadi secara merata 
  7. Setelah diaduk proses terakhir adalah dengan menutup bahan pembuatan  sehingga kedap akan udara (udara tidak masuk ke dalam) . Proses fermentasi sedang berlangsung tunggu hingga 1-3 jam untuk pakan fermentasi yang terbuat dari gedebog pisang , dan untuk pembuatan pakan yang terbuat dari jerami tunggu sampai 24 jam atau 1 hari baru bisa digunakan .
Apakah Pakan Fermentasi Ini Berhasil ?
Untuk melihat hasil pembuatan pakan fermentasi apakah jadi atau tidak anda bisa lihat dari 3 kategori berikut:
  1. Ada peningkatan suhu
  2. Ada perubahan warna
  3. Pakan fermentasi Jadi lapuk/empuk  
Jika di dalam pakan fermentasi anda terdapat kategori diatas , itu tandanya proses pembuatan pakan fermentasi anda telah berhasil dan sekarang anda bisa memberikan nya kepada hewan ternak sapi anda .

Cara Pemberian Pakan Fermentasi
Untuk pemberian pakan fermentasinya sendiri sama dengan cara pemberian pakan biasa , akan tetapi sebelum diberikan kepada hewan ternak , pakan fermentasi alangkah lebih baiknya jika dianginkan terlebih dahulu selama 15 menit , setelah itu baru bisa diberikan kepada hewan ternak anda .

==============
nah itu tadi sekilas mengenai cara alami membuat pakan fermentasi ternak sapi , bagi anda yang belum mencoba membuat segera coba dan berikan kepada hewan ternak anda setelah itu lihat hasilnya . Bagi anda yang masih belum tau mengenai bahan suplemen probiotik SOC - HCS yang terdapat pada bahan pembuatan , paparan mengenai SOC HCS ada di bawah ini ;


Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Suplemen Probiotik SOC - HCS ?
Yang harus anda ketahui adalah , SOC atau kependekan dari suplemen organik cair ini merupakan suplemen yang sangat bagus diberikan kepada hewan ternak anda karena mampu merangsang percepatan pertumbuhan berat dan kesuburan pada hewan ternak , selain itu terdapat pula keunggulan lainnya yang diantaranya meliputi : 
Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi
#SOC- HCS Suplemen Probiotik Bahan Pembuatan Pakan Fermentasi
  • Mampu menjaga dan menyehatkan ternak
  • Mengurangi biaya produksi dan perawatan, karena jika menggunakan produk lama yang berbahan kimia biaya operasionalnya mahal.
  • Mengurangi stress dan menekan penyakit, sehingga memperkecil angka kematian.
  • Meningkatkan antibodi pada ternak sehingga tidak gampang diserang penyakit.
  • Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam rumen dan meningkatkan nafsu makan.
  • Mempercepat pertumbuhan ternak dan terbukti untuk kambing bisa meningkat hingga 2,5-4kg/minggu. Tanpa menggunakan SOC rata 2,5 kg/bulan.
  • Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging, sehingga akan lebih menguntungkan peternak. Untuk kambing dan sapi kualitas maupun kuantitas daging sangat bagus, untuk unggas peteror telur jadi lebih besar dan banyak
Nah itu tadi merupakan sekilas paparan mengenai suplemen probiotik SOC - HCS , jika anda berniat mencoba membuat pakan fermentasi seperti diatas , ada baiknya anda menggunakan SOC - HCS supaya hasil yang didapatkan bisa jauh lebih maksimal . 

Bagi anda yang masih bingung dengan cara mendapatkan SOC - HCS nya dimana , jangan bingung-bingung untuk mendapatkan nya anda bisa langsung pesan dari kami agen SOC - HCS indonesia , Pesanan  kami kirim setelah anda melakukan pemesanan via SMS  . Adapun untuk cara pemesanan nya ada di bawah ini .


Untuk pemesanan suplemen obat cair tersebut sangatlah mudah , yakni cukup dengan mengirimkan format pemesanan via SMS dengan format yang telah ditentukan seperti dibawah ini , Perlu anda ingat . Dalam setiap pemesanan anda harus menyantumkan kode SOC-DD Agar pesanan anda dapat di proses dengan cepat .
Format SMS :
Ketik : SOC-DD : Nama Anda : Jml Pesanan : Alamat lengkap : NO.Tlp/Hp
Kirim SMS ke => 0822 1453 8282
Contoh Pemesanan 5 botol : ketik : SOC-DD : H.Ahmad M : 5 Botol : P.sukahening RT.01/RW.06 Kec.Tamansari ,Kel.Sumelap , Kota Tasikmalaya : 085 223 197 

********************* 
Jika ada pertanyaan dan ingin mengetahui akan informasi lainnya anda bisa langsung menghubungi customer service kami dibawah ini : 
CS : 0822 1453 8282 </> PIN BB : 798465BE 
******
KAMI MENERIMA PEMESANAN DARI SELURUH WILAYAH DI INDONESIA 
Proses cepat - Pesanan sampai - baru bayar
Pengiriman via JNE

Terimakasih atas kunjungan nya , semoga artikel mengenai Cara Alami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Sapi  ini bermanfaat bagi anda khususnya para pelaku usaha dibidang peternakan . 

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Bagai mana cara supaya domba mau makan pakan permentasi sekian mohon d bals

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf atas keterlambatan membalas komentar anda ..

      Agar domba tidak kaget dengan pakanan fermentasi dan mau makan pakan fermentasi ini , anda bisa memberikan pakan fermentasi tersebut secara perlahan (sedikit demi sedikit) . pemberian pakan fermentasi ini bisa juga dibarengi dengan pemberian pakanan hijau seperti rumput .

      Dalam beberapa kasus sering ditemukan keluhan seperti ini , akan tetapi lama kelamaan domba bisa mengonsumsi makanan fermentasi tersebut .

      Untuk informasi lainnya anda bisa menghubungi customer service kami , terimakasih

      Hapus